Silangen Dorong Sektor Perindag Cari Solusi Atasi Dampak Corona

0
262

Manado, SULUTREVIEW

Pelaksanaan Rakor Perindustrian dan Perdagangan (Perindag) Sulawesi Utara diharapkan dapat menjadi forum diskusi dalam mencari jalan keluar permasalahan dan kendala dalam sektor perindustrian dan perdagangan.

Hal tersebut disampaikan Sekprov Sulut, Edwin H Silangen SE MS saat membuka kegiatan Rapat Koordinasi Antara Disperindag Provinsi Sulawesi Utara dan Disperindag Kabupaten/Kota yang diadakan di Hotel Sintesa Peninsula Manado (26/02/2020).

Silangen mengapresiasi dan menilai rakor tersebut sangat penting pelaksanaanya bagi jajaran pemerintah daerah, para pelaku usaha maupun bagi para pemerhati ekonomi dan dunia industri dalam berdiskusi menyelesaikan permasalahan enomomi industri di daerah Bumi Nyiur Melambai.

“Rakor ini penting karena menjadi forum pemerintah dalam mengkoordinasikan dan mengkomunikasikan masalah-masalah (ekonomi industri) dengan pihak terkait, akademisi dan para pelaku usaha,” ujarnya.

Silangen menjelaskan, tahun 2020 menjadi tantangan tersendiri bagi dunia ekonomi mengingat perlambatan ekonomi global yang terjadi, salah satunya disebabkan karena wabah virus corona yang menyerang banyak negara.

Untuk itu, melalui rakor ini diharapkan dapat menghasilkan program-program yang lebih terarah dalam menghadapi tantangan ekonomi dan memanfaatkan peluang yang ada di dalamnya.

“Kita semua harus rapatkan barisan. Mari kita bersinergi (pemerintah dan pelaku usaha) dalam menghadapi tantangan ekonomi, khususnya karena dampak yang meluas dari virus corona. Kita bahas strategi yang dapat kita programkan dan laksanakan dalam mengembangkan sektor perindustrian dan perdagangan,” ajak Edwin Silangen.

“Saya harap rakor ini bukan hanya seremonial semata. Diskusi dalam rakor ini kiranya dapat menghasilkan inovasi dan terobosan yang dapat diimplementasikan dalam menjawab tantangan dan memanfaatkan peluang untuk memajukan pembangunan dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Sulawesi Utara.” tutupnya.

Usai sambutan Sekprov Sulut, digelar diskusi panel dengan narasumber dan pemateri dari perwakilan Bank Indonesia (BI) Sulut, Badan Pusat Statistik (BPS) Sulut, Kadin Sulut, dan akademisi, dalam membahas tantangan dan strategi pengembangan sektor perindustrian dan perdagangan di Sulawesi Utara.

Hadir dalam kegiatan ini Kadis Perindustrian dan Perdagangan Sulut, Edwin Kindangen, Kadis Perindag kabupaten/kota se-Sulut, pelaku usaha, dan para pemerhati ekonomi, perindustrian dan perdagangan yang ada di Sulawesi Utara.(srv)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here