Tunjang KEK Pariwisata, AP I Bandara Samrat Bangun Restroom di Pantai Pulisan

0
141

Manado, SULUTREVIEW

Fasilitas restroom yang bersih dan nyaman merupakan kebutuhan pokok yang harus disiapkan di setiap lokasi destinasi wisata.

Hal itu sangat penting sehingga membuat wisatawan kerasan dan menikmati liburannya dengan enjoy.

Menjawab hal tersebut Angkasa Pura I Bandara Sam Ratulangi (Samrat) Manado, melalui program Corporate Social Responsibility (CSR) telah membangun public restroom yang ada di pantai Pulisan Minahasa Utara (Minut).

Diungkapkan General Manager AP I Bandara Sam Ratulangi Manado, Minggus Gandeguai, destinasi wisata pantai Pulisan telah dikenal wisatawan, baik lokal maupun mancanegara. Namun sayang, tempat yang indah tersebut tidak dilengkapi dengan public restroom yang baik.

“Keindahan pantai Pulisan itu sangat menunjang pariwisata Sulut. Bahkan di lokasi tersebut telah dicanangkan Presiden Jokowi sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK). Sehingga dengan dibangunnya public restroom, wisatawan yang datang akan menikmati keindahan alam pantai Pulisan akan meninggalkan kesan yang baik,” kata Minggus pada saat peresmian public restroom yang dirangkaikan dengan peresmian gedung kantor administrasi yang baru, Selasa (18/02).

Selanjutnya, Minggus berharap fasilitas yang disiapkan tersebut dapat dikelola dan dirawat dengan baik.

“Harapan kami, fasilitas restroom
dapat dimanfaatkan dan dijaga dengan baik sehingga bertahan lama. Namun lebih dari itu, dapat menghadirkan pendapatan bagi desa. Bahjan menjadi sub sektor yang menunjang pariwisata,” katanya.

Direktur SDM dan Umum Angkasa Pura I, Adi Nugroho, menyampaikan peresmian public restroom di pantai Pulisan, dibangun melalui program CSR. Hal yang sama juga diberlakukan di tujuh wilayah bandara lainnya. Seperti, Kupang Depansar Solo dan Jogja.

“Keberadaan restroom diharapkan dapat membuat wisatawan merasa nyaman. Lebih dari itu akan menjadikan pantai Pulisan sebagai tempat wisata favorit,” sebutnya sambil menambahkan, restroom yang disediakan akan memberdayakan ekonomi masy sekitar. “Makanya masyarakat harus dapat merawat restroom yang didesain secara teliti dan hati-hati,” tegasnya.

Pada kesempatan itu, Kepala Dinas Pariwisata Minut, Audy F Sambow memberikan apresiasi atas peran AP I Bandara Sam Ratulangi.

“Bantuan AP I sangat besar, yakni dalam bentuk restroom. Bahkan bantuan pemberdayaan masyarakat seperti kredit kepada IKM yang ada di Pulisan. Ini sangat membantu pemerintah terlebih untuk meningkatkan kemajuan destinasi wisata,” imbuhnya.(eda)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here