web analytics

Komisi IX DPR RI Gandeng BBPOM Manado Edukasi Pangan Sehat

Komisi IX DPR RI Gandeng BBPOM Manado Edukasi Pangan Sehat

Manado, SULUTREVIEW

Ketua Komisi IX DPR RI, Felly Estelita Runtuwene SE bersama Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) Manado mengedukasi masyarakat tentang bagaimana mengonsumsi makanan sehat.

Gelaran yang bertema ‘Komunikasi Informasi Edukasi’ itu, Felly menjelaskan bahwa dari ratusan juta masyarakat Indonesia, belum sepenuhnya terjangkau oleh BBPOM, yang hanya memiliki tenaga 3-4 ribu orang.

“Jumlah tersebut tidak cukup, sehingga kalau ada persoalan BBPOM tidak mampu menjangkaunya. Hal itu membutuhkan kepedulian seluruh lapisan masyarakat,” katanya di wisma Montini, Jumat (06/12/2019).

Sejauh ini, ungkap Felly kepedulian masyarakat terhadap pangan yang aman dan bermutu masih sangat kurang. Sehingga edukasi itu harus terus menerus dilakukan.

“Pangan aman, bermutu, bergizi sangat penting untuk meningkatkan kecerdasan masyarakat. Bagaimana mengolah makanan, jenis seperti apa makanan yang akan kita konsumsi harus diperhatikan,” tukasnya.

Felly juga mengingatkan masyarakat untuk memperhatikan kualitas pangan yang tidak tercemar kimia, formalin, boraks dan pewarna tekstil yang menyebabkan kanker.

“Jangan sampai kita mengonsumsi pangan yang mengandung potongan kayu, pecahan kaca, cemaran biologis, mikroba dan kuman. Karena hal itu akan berpengaruh saat dewasa,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala BBPOM Manado, Dra Sandra MP Linthin Apt MKes, menjelaskan bagaimana memilih bahan pangan yang baik. Berikut tips membeli pangan aman.

“Perhatikan masa kedaluwarsa pada kemasan pangan. Bahan berbahaya yang sering disalahgunakan dalam pangan. Bahaya methanil yellow bagi tubuh. Kandungan Rhodamin B yang menyebabkan kanker hati pembesaran ginjal. Hal itu harus diperhatikan,” tandasnya.

Sandra juga mengingatkan masyarakat akan penggunaan obat dan kosmetik yang aman.

“Harus diperhatikan apakah kosmetik dan obat memiliki izin edar. Karena belum dapat dipastikan kalau mengandung bahan berbahaya. Demikian juga dengan obat tradisional, obat kuat dan pelangsing yang beredar di pasaran,” tegasnya.(eda)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply