Achmad Msi : Pilkada Langsung Sistem yang Cocok dengan Masyarakat

0
118

Jakarta, SULUTREVIEW

Anggota Fraksi Demokrat MPR RI, Achmad Msi mengaku Pilkada langsung adalah suatu sistem yang baik dan cocok dengan masyarakat.

“Kita sudah pernah dulu melalui Pilkada perwakilan dan kita sudah mengalaminya demokrasi terpimpin , sehingga kedaulatan rakyat dalam hal ini tidak dapat dijalankan sepenuhnya,” katanya dalam diskusi Empat Pilar MPR yang bertema, “Menuju Pilkada Serentak 2020” di  Media Center Parlemen, Gedung Nusantara III Kompleks Parlemen Senayan Jakarta, Rabu (4/12/2019).

Malah, lanjutnya ada kecenderungan kepala daerah itu hanya memperhatikan dilingkungan perwakilan itu saja. Namun untuk Pilkada langsung kepala daerah mempunyai tanggung jawab moral kepada rakyat lebih tinggi untuk kemajuan dan kesejahteraan.

Karenanya ada berapa kreteria ukuran keberhasilan kepala daerah seperti sejauh mana  menurunkan angka kemiskinan, pengangguran atau menciptakan lapangan kerja dan meningkatkan pendapatan masyarakat. Sehingga pemilihan langsung ini  lebih menguntungkan kepada masyarakat.

“Pemilihan kepala daerah langsung ini, sistem ini  sudah cukup baik. namun kalau ada memang di sana-sini kekurangan dan kelemahannya kita perbaiki,” katanya.

Anggota MPR dari kelompok DPD RI, Teras Narang mengatakan Komite I DPD sedang inventarisir terhadap kelebihan dan kekurangan Pilkada Langsung.

“sekarang terus kita untuk melakukan semacam inventarisasi dan sekarang kami sudah melakukan semacam pengumpulan data dan kami juga melakukan pengumpulan fakta,” kata ketua Komite I itu seraya menambahkan sehingga pada saat nanti diajukan kepada DPR untuk menjadi pertimbangan.

“Tentu harus ada solusi, tidak mungkin kami hanya memberikan pertimbangan, kalau tidak ada solusi,” kuncinya.(rizal)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here