web analytics

Bupati Mitra James Sumendap Hadiri Rakornas Forkopimda di Bogor

Bupati Mitra James Sumendap Hadiri Rakornas Forkopimda di Bogor
Bupati Mitra James Sumendap bersama rombongan kala hadir di Rakornas Forkopimda

Mitra, SULUTREVIEW – Bupati Minahasa Tenggara (Mitra) James Sumendap menghadiri Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) antara Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) se-Indonesia, di Sentul International Convention Center (SICC), Kabupaten Bogor Jawa Barat, Rabu (13/11/19).

Rakornas Forkopimda yang digelar Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) secara perdana ini memiliki tema ‘Sinergi untuk Indonesia maju.’

Rakornas ini dibuka oleh Presiden Joko Widodo, dimana dalam sambutannya meminta aparat penegak hukum untuk menegakan dan memberikan kepastian hukum sebagaimana mestinya.

Presiden Joko Widodo juga menegaskan bahwa penegakan hukum tidak boleh sampai membuat takut pihak-pihak yang justru ingin mengeluarkan kebijakan dan berinovasi demi kemajuan bangsa.

“Saya ingatkan (kepada para penegak hukum), jangan menggigit orang yang benar. Kalau yang salah silahkan digigit. Tapi, yang benar jangan sampai digigit dan jangan pura-pura salah gigit,” ujar Presiden Joko Widodo.

Lanjut dirinya langsung memerintahkan Kapolri, Jaksa Agung, dan pihak terkait lainnya untuk langsung mencopot para oknum penegak hukum yang bermain-main dengan jabatannya dengan memeras birokrat yang berinovasi dan mengeluarkan kebijakan untuk kemajuan bangsa.

Selain itu, Presiden meminta penegak hukum untuk mengawal dan mengingatkan para pengambil keputusan sejak awal pelaksanaan pekerjaan, bukan hanya diam dan menunggu pekerjaan selesai baru diusut.

Dirinya juga mengingatkan bagi seluruh Forkopimda se-Indonesia yang hadir terkait pentingnya sinergitas antara Forkopimda di daerah masing-masing.

“Sangat penting untuk menjaga keharmonisan Forkopimda di daerah. Kalau salah satu tidak rukun maka akan jadi masalah besar dalam menangani daerah,” tukasnya.

Sementara Bupati James Sumendap yang hadir dalam rakornas mengatakan bahwa garis besar rakor ini adalah untuk mewujudkan sinergitas dan keselarasan visi misi dan rencana pembangunan lima tahun ke depan Presiden dengan Pemerintah Daerah se-Indonesia.

“Jadi kita diharapkan terus bersinergi dengan program pemerintah pusat sehingga ada kesesuaian program sebelum Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) diketuk,” tandas James Sumendap.

Menurut James Sumendap, sinergitas dan keselarasan ini dibutuhkan untuk mendukung lima program prioritas yang digaungkan oleh Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin.

“Dalam melaksanakan pembangunan di daerah, termasuk di Mitra, harus bersinergi dan selaras dengan lima program prioritas Presiden dan Wakil Presiden,” pungkasnya.

Adapun lima program prioritas Presiden dan Wakil Presiden, yaitu pertama mengenai pembangunan sumber daya manusia (SDM), kesehatan dan pendidikan, kedua mengenai pembangunan infrastruktur, ketiga penyegaran regulasi, keempat reformasi birokrasi, kelima yaitu transformasi ekonomi.

Rakornas ini dihadiri Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, dan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD, dan undangan lainnya.

Turut mendampingi Bupati hadir di Rakornas, yakni Kabag Humas dan Protokol Arnold Mokosolang, Morthen Kawulusan Aspri Bupati, Benny Ompi Sespri Bupati, Jouke Batas Ajudan Bupati. (Jul/*)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply