web analytics

Saut Situmorang Sebut Bank Daerah Kerap Jadi Alat Peras Pemda

Saut Situmorang Sebut Bank Daerah Kerap Jadi Alat Peras Pemda
Saut Situmorang (batik) saat berbincang dengan Gubernur Olly di lobby Kantor Gubernur Sulut

MANADO, SULUTREVIEW

Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Saut Situmorang mengkritik tabiat pemerintah daerah (pemda) yang kerap memeras bank pembangunan daerah.

“Bank Pembangunan Daerah sering jadi alat peras pemerintah daerah. Ini terjadi di sejumlah daerah. Saya berharap praktik demikian tidak terjadi di Sulawesi Utara (Sulut),” ungkap Situmorang saat mengawali pernyataannya di sela kegiatan Penandatanganan Nota Kesepahaman dan Perjanjian Kerja Sama Optimalisasi Pendapatan Daerah dan Manajemen Aset Daerah di ruang Tumbelaka Pemprov Sulut, Selasa (10/9/2019).

“Saya ambil contoh itu, tetapi tidak demikian di sini (Sulut-red). Saya bilang tidak, tidak beda atau atau apa, saya belum bisa sebut, karena itu perlu waktu untuk mempelajarinya,” ungkap Situmorang.

Menurut Situmorang, signal pemanfaatan bank daerah oleh pemda sudah banyak ditemukan di daerah lainnya. Oleh sebab itu Sulut di bawah kepemimpinan Gubernur Olly akan membawa bank daerah semakin baik.

“Signal di KPK memang seperti itu.
Oleh sebab itu dengan kepemimpinan Pak Gubernur, terutama ketika ada inovasi-inovasi yang diterapkan, saya rasa itu akan menjadi kebih baik. Bahkan sekarang sudah terjadi peningkatan dibandingkan yang sebelumnya,” kata Situmorang yang turut diiyakan oleh Gubernur Olly.

Situmorang bilang agar capaian dan perbaikan kinerja bank daerah akan semakin baik. “Kita jaga lagi agar peningkatannya lebih cepat lagi. So far sudah menunjukkan pertumbuhan yang naik itu yang harus kita jaga,” tukasnya sambil menambahkan agar Pemprov Sulut ikut aktif mengelola pendapatan daerah.

“Di balik instrument pendapatan daerah itu banyak isu di belakangnya. Mulai dari tanggung jawab warga negara, rasa keadilan, tanggung jawab masyarakat, dan pemerintah. Makanya kalau kita bicara tax ratio, yakni kalau didorong dengan hadirnya Bank Pembangunan Daerah, itu menjadi salah satu tugas KPK untuk menjaganya. Karena kan membawa nama pemerintah. Itu semestinya harus kita jaga,” jelasnya.

Olly sendiri berharap bank daerah, dalam hal ini Bank SulutGo akan semakin baik ke depannya. Hal itu dapat dilihat dari kinerja yang menunjukkan peningkatan signifikan.

“Dengan adanya kerja sama ini, maka pengelolaan pendapatan daerah akan semakin terang benderang. Hal inilah yang akan mendorong kemajuan maupun peningkatan kinerja yang positif bagi pemerintah maupun rakyat Sulawesi Utara,” tandasnya.(srv)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply