Tunjang Pariwisata Bahari Sulut, Kemenhub Serahkan Tiga Unit Kapal Rede

0
497

MANADO, SULUTREVIEW.COM

Untuk menunjang kelancaran akses pariwisata di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut),  Kementerian Perhubungan (Kemenhub) secara resmi telah menyerahkan tiga unit kapal rede.

Hal itu sejalan dengan komitmen Presiden Joko Widodo dalam mendukung pembangunan sektor pariwisata Sulawesi Utara, sebagaimana yang digagas Gubernur Olly Dondokambey tak perlu diragukan lagi.

Bukan hanya membangun infrastruktur pariwisata di Sulut, Kemenhub juga memberikan tiga unit unit kapal rede untuk menunjang Program Pengembangan Pariwisata Sulut. Hal itu diwujudkan dengan konsep pengembangan segi tiga pariwisata bahari Sulut, yakni KM. Gandha Nusantara 6, KM. Gandha Nusantara 13 dan KM. Gandha Nusantara 18.

Diketahui KM. Gandha Nusantara 6 telah lebih dulu diserahkan di Pelabuhan Bitung pada 25 Juli 2019 sebagai penghubung pada wilayah di sekitar Pelabuhan Bitung dan Pulau Lembeh.

”Dengan adanya penyelenggaraan kapal rede ini diharapkan dapat meningkatkan pelayanan angkutan laut penumpang. Sekaligus juga ikut mendukung kegiatan pariwisata serta menjamin keselamatan bagi penumpang angkutan laut untuk menjangkau ke wilayah yang tidak dapat disinggahi kapal utama,” kata Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Laut Ditjen Hubla Capt. Wisnu Handoko usai menyerahkan KM. Gandha Nusantara 13 dan KM. Gandha Nusantara 18 kepada Kadishub Sulut Lynda Watania di Pelabuhan Manado, Jumat (2/8/2019).

Wisnu juga berharap agar Pemda dapat memanfaatkan kapal rede ini secara optimal. Karena kapal rede dengan ukuran 95 GT berjenis Landing Craft Tank (LCT) dengan ramp door di haluannya ini dapat dimanfaatkan untuk banyak kegiatan.

”Bukan hanya untuk dimanfaatkan sebagai pengangkut penumpang maupun barang dan mobil, kapal rede ini bisa juga dimanfaatkan sebagai kapal pengangkut wisatawan yang akan menyelam (diving) dan melihat pemandangan laut. Bahkan bisa juga untuk klinik terapung yang memberikan layanan kesehatan di pulau terpencil,” ungkap Wisnu.

Sebagai informasi, tiga unit kapal rede tersebut saling terkoneksi dengan rencana rute trayek masing-masing.

Rute pertama yaitu Pesisir Kota Manado-Bunaken-Manado Tua- Siladen-Mantehage PP.

Selanjutnya rute kedua adalah Likupang-Mantehage-Nain-Gangga- Bangka-Talise PP. Adapun rute ketiga yaitu Bitung-Lembeh-Talise PP

Rencananya program ini akan menjangkau sampai ke wilayah Kepulauan Nusa Utara.(srv)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here