web analytics

Pemkot Bitung Raih Anugerah Paritrana BPJS Ketenagakerjaan

Pemkot Bitung Raih Anugerah Paritrana BPJS Ketenagakerjaan

Manado, SULUTREVIEW

BPJS Ketenagakerjaan memberikan anugrah Paritrana kepada pemerintah daerah dan pelaku usaha yang dinilai telah mendukung implementasi jaminan sosial ketenagakerjaan.

Tahun 2019 ini Paritrana Award kembali diserahkan secara langsung oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla yang didampingi oleh Direktur Utama BPJS Ketenagakerjaan Agus Susanto kepada kepala daerah pemenang paritrana 2018.

Pemerintah Provinsi Jawa Tengah bersama Sumatera Selatan dan Bangka Belitung mendapatkan Anugerah Paritrana untuk Pemerintah Provinsi. Sementara untuk pemerintah kabupaten/kota diraih oleh Kota Bitung, Tanjung Pinang, dan Makassar.

Selain itu, penghargaan juga diberikan kepada sebanyak 33 UKM yang berasal dari 34 provinsi di Indonesia. Dimana Provinsi Palu tidak dapat berpartisipasi dikarenakan musibah tsunami yang terjadi di tahun lalu.

Selain pemerintah daerah, ada juga 3 pemenang masing-masing untuk kategori perusahaan nesar dan perusahaan menengah, serta 33 kategori Usaha Kecil Mikro (UKM).

Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dan PT Chevron Pacific Indonesia menjadi peraih Anugerah Paritrana 2 tahun berturut-turut dan diapresiasi oleh tamu undangan yang hadir.

Wakil Presiden RI Jusuf Kalla menyampaikan selamat kepada para penerima Paritrana Award 2018.

“Saya ucapkan selamat kepada para pemenang, baik UKM, perusahaan hingga Pemerintah Daerah. Hal ini bermakna bahwa BPJS Ketenagakerjaan dan pemerintah menghargai upaya untuk menjaga para pekerja,” katanya seperti dalam penyampaian rilis, Rabu (3/7/2019).

“Salah satu ciri negara maju adalah bagaimana menyejahterakan rakyatnya secara adil, salah satu bentuknya adalah mendorong pekerja agar ekonomi berjalan baik, karena pada dasarnya pekerja adalah tulang punggung ekonomi”, tambahnya.

Jusuf Kalla berpandangan jika perusahaan kecil saja memperhatikan karyawannya dengan membayar iuran BPJS Ketenagakerjaan, tentunya perusahaan menengah dan besar tentunya bisa lebih teratur. “Pengusaha Coto Makassar saja bisa mensejahterakan pekerjanya, masa perusahaan besar kalah. Karena upaya menyejahterakan pekerja adalah cara kita meningkatkan produktivitas”, ujar Jusuf Kalla.

Di sisi lain, Jusuf Kalla juga memuji pengelolaan BPJS Ketenagakerjaan. Dia meminta BPJS Ketenagakerjaan bisa bekerjasama dengan BPJS Kesehatan dalam memecahkan masalah defisit BPJS Kesehatan.

Direktur Utama BPJS Ketenagakerjaan, Agus Susanto, mengapresiasi langkah pemerintah daerah dan perusahaan peserta yang telah berhasil meraih sekaligus menerima Anugerah Paritrana 2018 di Istana Wakil Presiden RI.

“Tahun ini, sebanyak 33 Pemerintah Provinsi, 105 Pemerintah Kabupaten Kota, 89 Perusahaan Skala Besar dan 80 Perusahaan Skala Menengah serta 33 UKM (Usaha Kecil dan Mikro) turut berpartisipasi untuk merebut Anugerah Paritrana”, jelas Agus.(eda)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply