web analytics

Jadi Tempat Perayaan HUT ke-243 Kemerdekaan AS, Bukti Sulut Aman

Jadi Tempat Perayaan HUT ke-243 Kemerdekaan AS, Bukti Sulut Aman

Manado, SULUTREVIEW

Stabilitas keamanan yang terjaga, serta kehidupan masyarakat yang menjunjung tinggi kedamaian, telah menarik simpati Kedutaan Amerika Serikat (AS) untuk Indonesia, dapat merayakan HUT Independence Day ke-243 di Sulawesi Utara (Sulut) pada Senin (17/6/2019).

Gubernur Sulut, Olly Dondokambey turut menghadiri acara resepsi perayaaan HUT ke-243 kemerdekaan Amerika Serikat yang sekaligus juga dirangkaikan dengan peringatan 70 tahun hubungan diplomatik Amerika Serikat-Indonesia yang digelar di Four Points Manado, Senin. (17/6/2019).

Atas kepercayaan tersebut, Gubernur Olly menyatakan kebanggaanya. Sebab telah memilih Sulut sebagai lokasi penyelenggaraan acara tersebut.

“Kita patut bersyukur karena Sulawesi Utara telah dipilih menjadi tempat perayaan resepsi HUT  ke-243 kemerdekaan Amerika Serikat. Dengan demikian orang bisa melihat bahwa Sulut merupakan daerah yang aman, damai dan sejahtera,” ungkap Olly.

Selain aman dan kehidupan yang damai, kata Olly, kerukunan beragama di Sulut, sejauh ini telah menjadi laboratorium.

“Kerukunan yang dapat dijaga sampai ini, menjadi daya tarik tersendiri bagi banyak pihak untuk mengadakan kegiatan di Sulut. Saya berharap suasana rukun dan damai dapat terus berdampak bagi masyarakat Sulut terutama bagi perekonomian. Dan ke depan acara seperti ini bisa dilaksanakan lagi di Sulut,” sebut Olly.

Di usia 243 tahun kemerdekaan AS, Olly berharap akan semakin meningkatkan jalinan atau hubungan diplomatik dengan Indonesia. Bahkan akan semakin mempererat kerja sama bilateral secara utuh. Dengan harapan kedua belah pihak, akan diuntungkan baik dalam bidang sosial, politik dan ekonomi, maupun dalam bidang lainnya.

Gubernur saat menyampaikan sambutan.

Selang 70 tahun hubungan Amerika Serikat dan Indonesia, secara umum terus menunjukkan peningkatan dan saling menguntungkan. Hubungan diplomatik ini harus semakin diperkuat dalam mengoptimalkan kerjasama ke depannya.

Duta Besar AS untuk Indonesia Joseph R. Donovan Jr menyatakan kekagumannya atas Sulut. Terbukti pada momen yang sama, pihaknya telah mempercayakan Forever Ocean yakni perusahaan budidaya perikanan lepas pantai berteknologi modern, untuk berinvestasi di Sulut.

Tak tanggung-tanggung nilai investasinya diplot sebesar 50 juta USD, atau setara Rp700 miliar.

“Saya berharap kerja sama ini akan membawa kesejahteraan bagi Sulawesi Utara, baik nelayan maupun masyarakat secara luas,” tukasnya.

Diketahui, perayaaan HUT ke-243 kemerdekaan Amerika Serikat dan peringatan 70 tahun hubungan Amerika Serikat-Indonesia turut dihadiri Konsul Jenderal Amerika Serikat di Surabaya Mark McGovern, Wakil Gubernur Steven O.E. Kandouw dan para pejabat Pemprov Sulut.(eda)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply