web analytics

Kerja Sama Bilateral Sulut-Filipina Dongkrak Perekonomian ASEAN

Kerja Sama Bilateral Sulut-Filipina Dongkrak Perekonomian ASEAN

Manado, SULUTREVIEW

Peringatan Hari Kemerdekaan Filipina ke-121 tahun yang dirayakan di Manado menjadi bukti bahwa hubungan kerja sama bilateral antara Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) dengan Filipina berjalan harmonis.

Gubernur Sulut Olly Dondokambey SE yang secara khusus turut menghadiri momen istimewa tersebut menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya.

Pada kesempatan itu, Gubernur Olly juga mengucapkan selamat merayakan hari kemerdekaan kepada masyarakat Filipina, terlebih yang berada di Sulut.

Gubernur Olly Dondokambey memberikan apresiasi kepada Konsul Jenderal Filipina di Manado Oscar G Orcine yang telah menjaga hubungan bilateral.

“Kiranya peringatan Hari Kemerdekaan ke-121 ini, semakin membawa progres pembangunan Filipina semakin maju,” kata Olly pada acara Proklamasi Hari Kemerdekaan Filipina ke-121 tahun yang digelar di Manado, Minggu (16/6/2019).

Sebagai daerah di Indonesia yang berbatasan langsung dengan Filipina, sambung Olly, Sulut sangat merasakan dampak positif atas terjalinnya berbagai bentuk kerja sama bilateral. Dan hubungan antara Indonesia dan Filipina, semakin harmonis.

“Saya menyampaikan terima kasih, apresiasi dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Pemerintah Filipina melalui Konsulat Jenderal Filipina di Manado yang sampai saat ini senantiasa membangun komunikasi dan kerja sama yang erat dengan Pemprov Sulut. Hal itu berlaku pada berbagai aspek dan dimensi pembangunan,” ungkap Olly.

Olly juga menambahkan tentang era masyarakat ekonomi ASEAN yang secara ekonomi terintegrasi dengan negara-negara ASEAN, dengan tujuan meminimalisir bahkan menghilangkan hambatan-hambatan di dalam melakukan kegiatan ekonomi lintas kawasan. Antara lain, dalam perdagangan barang, jasa dan investasi guna meningkatkan daya saing negara-negara ASEAN.

“Ke depan akan banyak tantangan dan permasalahan, sekaligus juga peluang. Hal ini membutuhkan sinergitas dan kerja kita untuk lebih baik dan lebih solid lagi. Mari kita jaga dan tingkatkan terus harmonisasi kerja sama yang telah terbangun selama ini, demi kemajuan Sulut dan Filipina di masa depan,” sebut Olly.

Sementara itu, Konsul Jenderal Filipina di Manado Oscar G Orcine, juga menyampaikan apresiasi kepada Pemprov Sulut, yang selama ini telah memberikan kontribusi bagi kemajuan Filipina. Baik di sektor ekonomi maupun hubungan lainnya yang terjalin dengan baik.

Kegiatan tersebut turut dihadiri  jajaran Forkopimda, Ketua DPRD Sulut Andrei Angouw dan Sekdaprov Edwin Silangen.(eda)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply