web analytics

Menggosip di Kota Ini, Dikenai Denda

Menggosip di Kota Ini, Dikenai Denda

BINALONAN, sebuah kota kecil yang ada di Filipina ini memiliki peraturan yang terbilang unik.

Kota yang berada sekitar 200 kilometer di utara Manila itu, memberlakukan penduduknya bergosip.

Tidak berlebihan, larangan tersebut dimaksudkan untuk mencegah omong kosong di tengah masyarakat. Jika berani bergosip, bagi pelakunya akan berhadapan dengan tuntutan hukum.

Dikutip dari Oddity Central, penyebar gosip bakal dikenakan denda sebesar 200 peso, atau senilai Rp55 ribu.

Bukan hanya itu, pelaku juga akan mendapat ganjaran memungut sampah di jalanan umum, selama tiga jam.

Menariknya, orang yang menduplikasi gosip, dikenai denda sebesar US$20, atau setara Rp285 ribu, yang bersangkutan juga wajib memungut sampah selama delapan jam.

Tidak dijelaskan akan standar gosip yang dimaksud. Namun, menurut Walikota Ramon Guico mencontohkan bahwa kategori atau topik gosip menyangkut perbincangan tentang keuangan hingga situasi antar warga.

Diketahui, undang-undang larangan bergosip ini, telah diberlakukan sejak 2017. Dalam implementasinya,  banyak warga didenda. Dengan rata-rata sebesar 500 peso, atau setara Rp137 ribu. Pelanggar juga  dipaksa untuk mengumpulkan sampah di depan umum.

Sejauh ini, belum ada orang yang didakwa karena penduplikasi gosip.

Ihwal tindakan tegas terhadap penggosip, muncul saat musim panas. Di mana waktu itu, banyak penduduk Filipina tengah menghabiskan waktu berkumpul sembari berbincang tentang berbagai hal, seperti siapa yang telah selingkuh, atau siapa yang menumpuk hutang.

Kegiatan seperti itu disebut hanya membuang-buang waktu. “Larangan gosip adalah cara kami untuk meningkatkan kualitas hidup di kota kami, sekaligus juga sebagai uapaya agar orang lebih bertanggung jawab atas ucapannya,” kata Guico.

“Kami ingin menunjukkan bahwa penduduk Binalonan adalah orang-orang yang baik. Sehingga kota ini aman untuk tinggal,” tandasnya.(kcm)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply