web analytics

dr Kartika Devi Tanos Targetkan Sulut Raih Provinsi Sehat 2019

dr Kartika Devi Tanos Targetkan Sulut Raih Provinsi Sehat 2019

Manado, SULUTREVIEW

Pembangunan kesehatan Sulawesi Utara (Sulut) di rentang waktu dari tahun 2015-2019 adalah mewujudkan akses dan mutu pelayanan kesehatan yang semakin mantap. Dengan demikian, setiap orang berhak mendapatkan pelayanan kesehatan sesuai kebutuhannya.

“Layanan kesehatan ini berhak didapatkan di tempat pelayanan kesehatan yang terstandarisasi, yang dilayani oleh tenaga kesehatan yang berkompeten dengan menggunakan standar pelayanan dengan biaya yang terjangkau, serta mendapatkan informasi yang pelayanan kesehatan yang tepat,” ungkap Kepala Biro Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Setdaprov Sulut, dr Kartika Devi Tanos-Kandouw pada Rapat Koordinasi Penyelenggaraan Kabupaten/Kota Sehat Menuju Tercapainya Provinsi Sulut Sehat di Swisbell hotel, Kamis (21/3/2019).

Menurut Kartika, bahwa sesungguhnya pembangunan kesehatan adalah upaya yang dilakukan oleh semua komponen bangsa, adalah untuk menumbuhkan tingkat kesadaran kemauan dan kemampuan hidup sehat bagi setiap orang atas peningkatan derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya.

“Hal itu dapat terwujud dari beragam kerja serta pemahaman semua pemangku kepentingan, komitmen yang kuat dan kepemimpinan yang konsisten baik di tingkat provinsi maupun kabupaten/kota,” tukasnya.

Namun demikian, sambung Kartika, tidak sedikit permasalahan dalam implementasi di lapangan. Sehingga ke depannya semakin menuntut adanya peningkatan sinkronisasi antara provinsi dan kabupaten/kota.

“Oleh karena itu pelaksanaan kegiatan ini dapat kita jadikan sebagai wahana untuk berkolaborasi, serta memantapkan komitmen untuk nantinya dapat bersama-sama bersinergi secara positif dan bergandengan tangan mengimplementasikan program-program kesehatan sebagaimana yang sudah ditetapkan, guna mewujudkan Sulawesi Utara sebagai Provinsi Sehat 2019,” bebernya sembari berharap kegiatan ini mampu memotivasi untuk ikut peduli dan bertanggung jawab terhadap pembangunan kesehatan di Sulawesi Utara.

“Rakor ini untuk memperkuat hubungan koordinasi yang ada dan menjadikan kegiatan ini sebagai wahana konsolidasi antara kita selaku pemangku kepentingan dalam implementasi program bidang kesehatan,” sebut Kartika.

Rakor ini juga menghadirkan Tim Pembina Kota Sehat Bitung, dr Debbie Kalalo MPH yang merinci tentang indikator keluarga sehat serta capaian dalam mempertahankan Kabupaten Kota Sehat (KKS) selama empat tahun.

Ketua Pelaksana Kasubag Kesehatan Finci Sikatta SKM menambahkan melalui kegiatan ini dapat menciptakan koordinasi dan sinergitas dalam mewujudkan tercapainya Provinsi Sehat di Provinsi Sulut 2019.(eda)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply