Debit Air Naik, Warga Bantaran Sungai Diimbau Segera Mengungsi

0
299

Manado, SULUTREVIEW

Akibat cuaca buruk yang diikuti dengan hujan lebat, Jumat (1/2/2019), sejak dini hari menyebabkan sebagian besar wilayah Kota Manado mengalami banjir.

Info ketinggian air yang dipantau dari CCTV Cerdas Command Center Pemerintah Kota Manado, berada di level yang mengkhawatirkan.

Karenanya, warga yang berada di wilayah rawan banjir dan tanah longsor diminta secepatnya mengungsi.

“Dihimbau kepada seluruh masyarakat terutama yang tinggal di bantaran sungai dan daerah rawan longsor dan banjir, harap segera mengungsi ke lokasi yang lebih aman,” informasi yang disampaikan Command Center Kota Manado.

Diketahui, guyuran hujan yang tiada henti telah menyebabkan banjir di sejumlah wilayah di Kota Manado.

Warga yang mendiami wilayah rawan banjir, mulai panik sebab, air sudah mulai tinggi dan masuk dalam rumah.

Salah satu warga Wonasa, Olivia Kawulusan mengatakan sudah sangat khawatir dengan situasi lingkungannya. Dan berencana untuk mengungsi.

“Sudah terdengar bunyi tanda waspada, karena sudah ada dua rumah yang masuk air,” katanya.

Wilayah Tikala, Rike, Sario, Tikala, Tuminting, Bailang, Sumompo, Ranotana juga diinformasikan, mulai tergenang banjir.

Berdasar update peringatan dini cuaca Provinsi Sulawesi Utara oleh BMKG disebutkan bahwa wilayah Manado dan sekitarnya masih berpotensi terjadi hujan intensitas sedang hingga lebat disertai kilat/petir. Khususnya di wilaya Manado, Minahasa Utara, Minahasa, Tomohon, Minahasa Selatan, Minahasa Tenggara, Bolmong, Bolmong Utara dan sekitarnya, serta dapat meluas ke wilayah Bitung, Bolmong Timur, Kotamobagu, Bolmong Selatan dan sekitarnya.

Kondisi ini diperkirakan masih dapat berlangsung hingga pukul 11.00 Wita.

Berdasarkan pantauan citra satelit 08.50 Wita,  sebagian besar wilayah  Sulawesi Utara masih berpotensi cuaca buruk (hujan sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang) dikarenakan adanya belokan angin di wilayah Sulawesi Utara karena pengaruh daerah tekanan rendah di wilayah selatan khatulistiwa.

Diimbau kepada masyarakat yang tinggal di wilayah rawan banjir,  untuk lebih waspada dengan kondisi saat ini.(eda)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here