Israel Peduli Korban Gempa Palu

Israel Peduli Korban Gempa Palu

ISRAEL memang tidak memiliki hubungan diplomatik dengan Indonesia, namun guncangan gempa dan terjangan tsunami telah mengundang empati negara tersebut.

Israel dilaporkan telah mengirimkan bantuan bagi korban bencana gempa bumi dan tsunami dahsyat yang menewaskan lebih dari 1.400 orang di Palu, Sulawesi Tenga (Sulteng).

Hal itu dibuktikan dengan mengirim bantuan berupa penjernih air. Selanjutnya bantuan tersebut didistribusikan ke sejumlah daerah yang terdampak bencana melalui Palang Merah Indonesia (PMI).

Wakil Menteri Diplomasi Israel, Michael Oren melalui cuitan Twitter-nya, mengatakan bahwa pengiriman bantuan ke Indonesia yang adalah negara Muslim terbesar di dunia, untuk menunjukkan belas kasih dan kemanusiaan, atas bencana yang dialami warga Palu.

Sebuah laporan juga menyatakan, bahwa relawan Israel tengah bersiap melakukan perjalanan ke wilayah itu dalam beberapa hari ke depan. Rencananya mereka akan membantu selama lima hari.

Akan hal ini, Kementerian Luar Negeri Israel enggan memberikan konfirmasi. Saat ditanya oleh Times of Israel beberapa kali sejak gempa bantuan dikirim ke Indonesia, Kementerian tidak berkomentar.

Sebelumnya, Israel telah mengirim delegasi besar ke daerah yang dilanda bencana bahkan menawarkan untuk mengirim bantuan ke negara-negara yang tidak memiliki hubungan diplomatik.

Diketahui, bahwa membantu negara yang tidak memiliki hubungan diplomatik bukan hal baru bagi Israel. Negara ini pernah membantu Turki saat dilanda gempa bumi pada 1999.

Selain itu, Tel Aviv juga mengirimkan bantuan ke Haiti, Filipina maupun Nepal. Yakni saat negara-negara itu dilanda bencana. Di mana pada tahun lalu, Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu juga menawarkan bantuan kepada korban gempa di Iran dan Irak.(ist/*)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply