Job Fair Disnakertrans Siapkan 2,364 Peluang Kerja

0
449

MANADO, SULUTREVIEW

Bingung mencari lowongan kerja, datang saja di Pameran Kesempatan Kerja, Job Fair 2018  yang digagas Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), di IT Center Manado.

Kegiatan yang dibuka tanggal 5-6 September 2018 ini, menurut Kepala Disnakertrans Provinsi Sulut Ir Erny B Tumundo MSi, membuka 2,364 peluang kerja dari 50-an perusahaan yang terlibat selama pelaksanaan Job Fair.

“Job Fair ini untuk menggenjot pengurangan pengangguran di Sulawesi Utara sekaligus juga menurunkan angka kemiskinan,” katanya saat menyampaikan laporan Rabu (5/9/2018).

Berdasar Undang-undang Nomor 13 tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan serta realisasi program Disnakertrans Provinsi Sulut, sambung Tumundo, Job Fair bertujuan memfasilitasi pencari kerja mendapatkan pekerjaan sesuai dengan pengetahuan dan keterampilannya.

Kadisnakertrans Sulut Ir Erny B Tumundo MSi.

“Di sisi lain juga membantu pelaku usaha atau pengguna tenaga kerja untuk mendapatkan tenaga kerja yang berkualitas dan profesional sesuai dengan kebutuhan perusahaan,” tandasnya.

Tak itu saja, Job Fair juga dimaksudkan untuk mengetahui kecenderungan tingkat pendidikan, jenis kelamin, kelompok umur, pencari kerja dan jenis pekerjaan serta lowongan pekerjaan yang tersisa dari total 1,18 juta angkatan kerja Sulut dalam usia produktif. Bahkan sebagai bahan perencanaan pembangunan.

Diketahui, perusahaan yang membuka lowongan kerja terdiri dari perusahaan ritel, perhotelan, asuransi, perbankan, keuangan, jasa,  industri atau pabrik, distributor kendaraan, finance, produk perikanan, investasi, penyedia jasa dan perusahaan jasa lainnya.

Senada disampaikan Asisten Bidang Pemerintahan Drs Edison Humiang MSi, bahwa pertumbuhan ekonomi turut dipengaruhi oleh tingkat pengangguran dan angka kemiskinan.

“Berdasarkan data Badan Pusat Statistik BPS per Februari 2017, angka kemiskinan tercatat sebesar 6,09% dan hingga semester awal sebesar 6,06%. Meski turun tapi masih banyak hal yang perlu diselesaikan,” ujarnya sembari menambahkan Pemprov Sulut berupaya mendorong pertumbuhan ekonomi di semua sektor termasuk program ODSK  yang di dalamnya memperluas kesempatan kerja.(hilda)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here