Harmoni Indonesia di Unsrat Jadi Momen Unity

MANADO, SULUTREVIEW

Agenda Harmoni Indonesia yang dilaksanakan di Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) Minggu (5/8/2018) berlangsung spektakuler.

Ribuan siswa dan mahasiswa dari sejumlah sekolah dan universitas di Sulawesi Utara (Sulut) tumpah ruah menyambut semarak pesta olahraga Asian Games 2018 yang digelar serentak di 34 kampus dan kota di seluruh Indonesia. Bahkan dihelat di 8 kota di negara Asia lainnya.

Sebagai tuan rumah, Unsrat menyambutnya dengan antusias. Sebab, momen instimewa ini menjadi kesempatan untuk mempererat unity atau kebersamaan dalam bingkai persatuan dan kesatuan.

Terbukti, saat Rektor Unsrat, Prof DR Ir Ellen Joan Kumaat MSc  membawakan puisi yang berjudul Selamat Pagi Indonesia mampu membakar semangat para peserta yang tetap antusias mengikuti jalannya acara.

Kegiatan yang  dicetuskan oleh Presiden Joko Widodo tersebut, kata Kumaat  untuk  menyambut dan memeriahkan pelaksaan Asian Games 2018 yang dibuka pada 18 Agustus  di Jakarta dan Palembang.

“Menjadi suatu kehormatan bagi saya pribadi dan seluruh civitas akademika Unsrat, karena berkesempatan menjadi tuan rumah. Semoga ini menjadi gelaran yang  memupuk jiwa kebersamaan dan persatuan di negara Republik Indonesia yang kita cintai,” tuturnya di lapangan Unsrat.

Harmoni Indonesia makin meriah dengan atraksi tarian Maengket dan Kabasaran dan musik Kolintang yang dibawakan mahasiswa Fakultas Ilmu Budaya (FIB) dan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA) Unsrat.

Selanjutnya, kegiatan disatukan dengan siaran langsung dari Jakarta, tempat pelaksanaan Harmoni Indonesia bersama presiden RI Joko Widodo melalui layar monitor raksasa yang dipasang di kedua sisi lapangan Unsrat.

Lagu-lagu kebangsaan seperti Indonesia Raya, Padamu Negeri, Satu Nusa Satu Bangsa, menggema dikumandangkan peserta Harmoni Indonesia.

Kegiatan ini turut dihadiri perwakilan sejumlah instansi di Sulut seperti TNI dan Polri, BPOM Sulut, Dinas Kebudayaan dan lainnya.(hilda)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.