BPJS Kesehatan Manado Jamin Mudik Nyaman Tanpa Ribet

Manado, SULUTREVIEW

Menjelang libur Lebaran (Idul Fitri), khususnya di momen mudik, Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan menjamin peserta dengan layanan nyaman.

Kepala BPJS Cabang Manado, dr Greisthy Borotoding mengatakan peserta Jaminan Kesehatan Nasional Kartu lndonasia Sehat (JKN-KIS) tidak perlu khawatir saat Iibur lebaran sejak tanggal 7-23 Juni 2018.

“Peserta JKN-KlIS berhak atas jaminan pelayanan kesehatan salama libur ldul Fitri dengan prosedur yang sudah disepakati dengan fasilitas kesehatan yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan,” ungkap Borotoding dalam konferensi pers yang bertemakan Mudik Nyaman Bersama BPJS Kesehatan Senin (4/6/2018).

Secara teknis, dr Borotoding menjelaskan, peserta JKN-KIS yang membutuhkan layanan kesehatan selama libur dapat memperolah pelayanan kesehatan pada Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan walaupun peserta tidak terdaftar di FKTP tersebut.

“Pada Program JKN-KIS peserta yang berada di Iuar kota  dapat mangakses pelayanan kesehatan di
FKTP di mana peserta sedang mudik. Dan fasilitas kesehatan tidak diperkenankan menarik biaya tambahan,” tegas Borotoding.

Kewajiban melayani paserta Iuar wilayah saat libur lebaran, lanjut Borotoding berlaku bagi FKTP Non Puskesmas (Klinik Pratama dan Dokter Praktik Perorangan) yang mambuka praktik pelayanan kesehatan.

Apabila tidak terdapat FKTP yang dapat mamberikan pelayanan saat Iibur Iebaran di wilayah tarsebut,  atau peserta membutuhkan pelayanan di luar jam buka layanan FKTP maka peserta dapat dilayani di IGD rumah sakit untuk mendapatkan peIayanan medis dasar.

“Untuk keadaan gawat darurat seluruh fasilitas kesehatan baik tingkat pertama maupun lanjutan wajib memberikan pelayanan penanganan pertama kepada peserta JKN-KIS sesuai diagnosa dokter tanpa ada pungutan biaya,” tandasnya sambil menambahkan agar peserta JKN-KIS yang sedang mudik untuk selalu membawa Kartu JKN-KIS.

“Pelayanan kesehatan tersebut hanya berlaku bagi paserta JKN-KlS dengan status aktif. Untuk itu peserta agar memperhatikan pembayaran iuran dengan disiplin. Hal itu dapat dicek melalui aplikasi Mobile JKN. Bahkan peserta juga dapat melihat daftar fasilitas kesehatan terdekat,” tandasnya.

Untuk kelancaran layanan mudik, Borotoding mengatakan bahwa BPJS Kesehatan meluncurkan aplikasi Mudik BPJS Kesehatan yang dapat didownload secara gratis di Google Play Store untuk parangkat Andrord.

“Aplikasi menyediakan telephone penting, alamat kantor BPJS Kesehatan, fasilitas kesehatan, tanya jawab BPJS Kesehatan hingga lokasi penting,” ujarnya.

Diketahui, selama libur lebaran 2018, masyarakat juga dapat menghubungi BPJS Kesahatan Care center 1500 400 yang beroparasi 24 jam termasuk hari Minggu dan Iibur.

“Kantor Cabang BPJS Kesehatan tertentu juga akan tatap beroperasi pada tanggal 11, 12, 13, 14, 18, 19 dan den 20 Juni 2018 pukul 08 00 12.00. BPJS Kesehatan juga membuka Posko Mudik (delapan) khususnya tempat padat,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Provinsi Sulut, dr Lydia Tulus mengatakan BPJS kesehatan membuka kanal informasi terutama bagi pengaduan peserta JKN-KIS.

“Mudik Nyaman ini dibentuk tim mudik. Hal ini sebagai bentuk peningkatan layanan kendati libur,” tukasnya.

Menariknya, Pimpinan Klinik Madani, dr Suyanto Jusuf mengatakan kliniknya teta buka meski hari libur. Sebab menurutnya, layanan kesehatan adalah hak masyarakat yang diprioritaskan. “Meski libur fasilitas kesehatan harus tetap memberikan layanan. Hal ini membutuhkan tenaga kesehatan yang memiliki komitmen,” ujar Suyatno.(hilda)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.