Lakukan Ini untuk Mencegah Kanker Payudara

Lakukan Ini untuk Mencegah Kanker Payudara

SULUTREVIEW – Penyakit kanker payudara menjadi hal yang menakutkan bagi setiap wanita. Makanya merupakan hal yang sangat penting untuk rutin melakukan pengecekan.

Kanker payudara, sejauh ini dikenal sebagai penyakit keturunan. Namun demikian, ini tetap menjadi tanda awas. Bahkan jangan pernah berpikir ini aman bagi yang tidak memiliki keluarga dengan riwayat penyakit tesebut.

Diketahui bahwa kanker payudara dapat disebabkan oleh faktor lingkungan bahkan pola hidup yang tidak sehat. Untuk itu sangat penting bagi setiap wanita untuk peduli dengan dirinya. Perlu diingat bahwa
pengidap kanker payudara,  baru menyadari setelah penyakit ini mencapai stadium lanjut. Alhasil  sulit untuk di sembuhkan.

Berikut 5 tips sehat yang wajib diterapkan untuk menurunkan risiko terkena penyakit kanker payudara.

1. Olahraga dan perbanyak aktivitas fisik

Berusahalah untuk bergerak dan berolahraga setiap harinya, hal ini bermanfaat untuk mengurangi risiko terkena berbagai penyakit kanker salah satunya adalah kanker payudara. Jangan malas untuk melakukan aktivitas fisik.

Dengan berolahraga maka akan menjaga sel lemak tidak menumpuk dalam tubuh. Pasalnya sel lemak akan memproduksi estrogen tambahan. Dan saat sel kanker payudara terpapar oleh estrogen yang dihasilkan tadi maka risiko terkena kanker payudara semakin besar. Karenanya, jika tidak memiliki cukup waktu untuk berolahraga, hal itu dapat digantikan dengan aktivitas berjalan atau jogging yang tidak membutuhkan perlengkapan khusus.

2. Konsumsi sayur dan buah secara teratur

Konsumsilah makanan sehat seperti buah dan sayur yang mengandung banyak serat dan vitamin yang tentunya sangat sehat dan bermanfaat bagi tubuh.

Hal ini juga bermanfaat untuk mengurangi risiko terkena penyakit kanker payudara. Selain itu penerapan pola makan yang memperbanyak mengkonsumsi buah dan sayur juga dapat digunakan sebagai sarana diet yang manjur.

3. Stop merokok

Rokok dapat menyebabkan penyakit kanker. Mulai dari kanker paru-paru, mulut, tenggorokan, pankreas, payudara, dan masih banyak lagi. Meskipun tidak merokok, jangan berada di lingkungan orang yang merokok. Karena akan terkena dampak negatifnya jika terlalu sering menghisap asap rokok.

Untuk itu, bagi Anda yang merokok, segera hentikan penggunaan rokok mulai dari sekarang. Dan jika bukan perokok,  juga harus menjauh dari asap rokok yang sering ditemui dalam kehidupan sehari-hari ini. Selain mencegah kanker, menjauhi rokok juga mengurangi potensi terkena penyakit jantung dan juga stroke.

4. Lakukan pijatan pada payudara

Dengan melakukan pijatan payudara, aliran darah yang awalnya tersumbat karena pemakaian bra dapat kembali normal. Selain itu pijatan payudara juga dapat menekan pertumbuhan sel-sel tak terkendali yang mengarah pada kanker payudara.

Penggunaan minyak untuk memijat payudara dapat membuat payudara menjadi lebih rileks serta menjaga kesehatan payudara.

5.  Jalani kehidupan dengan rileks

Jalani kehidupan dengan rileks. Jangan khawatir dengan sesuatu yang belum terjadi. Sebab, ketika takut dan khawatir, hal itu dapat menimbulkan banyak penyakit, termasuk kanker payudara. Perempuan yang mengalami stress berat selang 5 tahun memiliki kemungkinan terkena kanker payudara sebesar 50 persen.

Oleh karena itu sangat penting untuk dapat menemukan kebahagiaan dan kedamaian. Baik dengan cara berlibur, mengobrol bersama teman dan keluarga, rileksasi dan kegiatan-kegiatan lainnya yang mampu mengusir rasa stress .

Selain cara-cara di atas, yang paling penting adalah selalu melakukan pengecekan pada payudara ke dokter atau mengeceknya sendiri dengan memperhatikan tanda-tanda kanker yang mungkin muncul.

Selalu luangkanlah waktu untuk merawat payudara dan terapkan kebiasaan yang dapat mengurangi risiko terkena kanker payudara.(ist)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply