Dorong Pertumbuhan Ekonomi, Pelaku UMKM di Sulut Dibekali Pengembangan Usaha

0
644

Manado, SULUTREVIEW – Untuk mendorong pertumbuhan ekonomi, UPTD Balai Diklat Koperasi dan UKM (Balatkop) Sulawesi Utara (Sulut) yang bekerjasama dengan PKK Provinsi Sulut menggelar pendidikan dan pelatihan (diklat) kewirausahaan.

Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Provinsi Sulut, Christiano Talumepa SH MSi, saat membuka diklat mengatakan tujuan dari diklat untuk melatih wirausaha, mengembangkan bisnisnya.

“Kegiatan ini untuk melatih para pelaku usaha, khususnya UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah-red), agar dapat meningkatkan kemampuan menjalankan usaha yang ditekuninya,” kata Talumepa di UPTD Balai Diklat Provinsi Sulut, Selasa (21/11/2017).

Kegiatan yang akan berlangsung pada tanggal 20-24 November 2017 ini, lanjut Talumepa, para wirausaha dapat berkolaborasi sehingga dapat mendatangkan kontribusi positif bagi pertumbuhan ekonomi. “Hal ini sejalan dengan program pemerintah Provinsi Sulut, yakni ODSK (Operasi Daerah Selesaikan Kemiskinan-red),” ujarnya sambil menyebutkan bahwa pelaku UMKM berperan penting dalam program pemerintah. “Pelaku UMKM dapat menularkan usaha kreatif kepada lingkungan di tempat tinggalnya. Lebih dari itu dapat mempekerjakan orang-orang sehingga membantu mengurangi angka pengangguran dan kemiskinan di Sulut,” tambahnya.

Sementara itu, Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Sulut, Ir Rita Maya Dondokambey-Tamuntuan, mengatakan melalui diklat wirausaha, peserta mampu menerapkan ilmu pengetahuan yang didapat tersebut diaplikasikan dalam usahanya. “Pelaku UMKM berperan sangat penting dalam pertumbuhan ekonomi. Di sisi lain, melalui usahanya secara langsung dapat mengurangi angka kemiskinan dan pengganguran di Sulut. Inilah mengapa keberadaan UMKM harus terus kita dorong supaya lebih berkembang lagi,” tukasnya.

Senada disampaikan Kepala UPTD Balai Diklat Koperasi UKM Provinsi Sulut, Clara Polii SE MSi bahwa perhatian pemerintah terhadap kelangsungan UMKM sangat besar. Hal ini dibuktikan dengan berbagai kegiatan pelatihan dan peningkatan ketrampilan sehingga pelaku usaha mampu bersaing di pasar. “Itulah sebabnya pemerintah menjembatani dengan melatih dan mengedukasi agar pelaku UMKM dapat mrngalami pertumbuhan dan peningkatan yang signifikan,” tandasnya.(axel)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here