Sadar Wisata dan Sapta Pesona, Strategi Dongkrak Kunjungan Wisman

0
288

Manado, SULUTREVIEW – Kepala Bidang Pengembangan Destinasi Pariwisata Dinas Pariwisata Daerah (Disparda) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) Jhon H Paerunan SH mengatakan penting bagi masyarakat untuk memiliki kesadaran wisata.

Pasalnya, konsep sadar wisata merupakan dukungan dan partisipasi masyarakat dalam mewujudkan iklim yang kondusif bagi pertumbuhan kepariwisataan di suatu wilayah.

“Karena itu perlu diciptakan lingkungan dan suasana yang mendukung sehingga masyarakat sekitar destinasi pariwisata untuk menggerakan aktivitas kepariwisataan,” ungkapnya Jumat (25/8/2017).

Kepala Bidang Pengembangan Destinasi Pariwisata Dinas Pariwisata Daerah (Disparda) Provinsi Sulawesi Utara, Jhon H Paerunan SH

Itulah sebabnya Disparda Sulut secara intens menekankan upaya-upaya pemberdayaan masyarakat sebagai penerima manfaat yang sebesar-besarnya dari pengembangan kegiatan kepariwisataan.

Lebih jauh, dukungan dan peran serta masyarakat sebagai tuan rumah dalam upaya untuk menciptakan lingkungan dan suasan kondusif akan mendorong tumbuh industri pariwisata. Hal itu didukung oleh unsur aman, tertib, bersih,sejuk, indah dan unsur kenangan. “Dengan konsep ini maka kesejahteraan masyarakat secara ekonomi akan terwujud,” tukasnya.

Lanjut kata Paerunan, daerah tujuan wisata yang memberikan rasa tenang, bebas dari rasa takut dan kecemasan bagi wisatawan dalam melakukan perjalanan atau kunjungan ke suatu tempat sangat menentukan keinginan wisatawan untuk datang kembali.

“Lingkungan dan pelayanan di destinasi pariwisata harus memberikan rasa nyaman bagi wisatawan dalam melakukan perjalanan atau kunjungan ke daerah tersebut. Selain itu juga harus bersih dan sejuk. Ini akan memberikan perasaan nyaman dan betah bagi wisatawan,” tukasnya sembari menambahkan
keindahan destinasi pariwisata akan memberikan rasa kagum dan kesan yang mendalam bagi wisatawan dalam melakukan perjalanan atau kunjungan ke daerah tersebut, sehingga mendorong promosi ke pasar wisatawan yang lebih luas.

Namun yang tak kalah pentingnya adalah sikap masyarakat di destinasi pariwisata. Artinya dengan keramahan akan memberikan nilai tambah. Bahkan pengalaman yang berkesan sebagai kenangan yang akan selalu diingat,” ucap Paerunan.(hilda)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here