Sulut dan Belarusia Jajaki Kerja Sama Pariwisata

IMG-20210818-WA0009

Manado, SULUTREVIEW – Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey SE menjajaki kerja sama di bidang pariwisata dengan Duta Besar Belarusia untuk Indonesia Vladimir Lopato Zagorsky.

Olly mengungkapkan banyak potensi pariwisata Sulut yang bisa diperkenalkan kepada turis Belarusia dan juga sebaliknya. Bahkan keduanya sudah membuat kebijakan visa gratis untuk turis yang berkunjung ke wilayahnya.

“Sulut dan Belarusia sama-sama sudah bebas visa. Kemudahan ini tentunya dapat menarik turis asal Belarusia untuk berwisata ke Sulut,” tegasnya saat menerima kunjungan Zagorsky di ruang kerja gubernur, Selasa (20/6/2017)

Dengan dibukanya penerbangan langsung dari Singapura dan Cina ke Sulut dapat memberikan alternatif rute baru bagi masyarakat Belarusia yang ingin berwisata ke Sulut.

“Setelah penerbangan dari Cina dan Singapura ke Sulut. Kami juga berencana menambah rute penerbangan ke Jepang dan Korea. Sehingga bila ada turis dari Belarusia yang akan datang ke Sulut dapat melalui rute alternatif tersebut menuju Manado,” kata Olly.

Lebih jauh, Olly berharap Zagorsky dapat membantu mempromosikan keunggulan pariwisata Sulut di negara Eropa Timur itu.

“Nantinya pariwisata Sulut dapat dipromosikan di Belarusia sehingga semakin dikenal,” tandasnya.

Hal senada disampaikan Zagorsky. Menurutnya, Belarusia juga telah menetapkan kebijakan bebas visa bagi turis asal Sulut yang akan berkunjung ke sana.

“Belarusia telah membebaskan visa bagi turis Indonesia. Jadi tak perlu lagi ada pengurusan dokumen untuk pergi ke Belarusia. Anda cukup memiliki paspor yang masih berlaku, memiliki asuransi kesehatan, dan cukup uang untuk biaya selama berada di Belarusia,” ujarnya.

Zagorsky juga memanfaatkan pertemuan itu untuk mengundang gubernur ke Belarusia dan melihat kemajuan industri di sana. Kemudian Olly menyebutkan rencana ke Belarusia pada Bulan September nanti.

Pertemuan tersebut turut dihadiri Sekdaprov Edwin Silangen SE MS dan Asisten II Rudi Mokoginta SE MTP dan staf Kedubes Belarusia untuk Indonesia.(hilda)

banner 300x250