Daur Ulang Sampah di Central California Layak Diterapkan di Kota Manado

IMG-20210818-WA0009

Manado, SULUTREVIEW – Mengatasi persoalan sampah di Kota Manado memang bukan hal mudah. Pasalnya produksi sampah volumenya terus meningkat seiring berjalannya waktu.

Mengatasi hal tersebut, akademisi Universitas Negeri Manado (Unima) Prof Dr Treesje K Londa MSi yang sangat concern dengan pengelolaan sampah memberikan kontribusi pemikiran agar Pemerintah Kota Manado dapat mengadopsi pengelolaan sampah yang ada di beberapa tempat di California. Tidak sulit karena yang diutamakan adalah proses daur ulang dengan sistem yang sederhana.

“Sangat menarik untuk dipelajari. Berdasarkan pengamatan langsung dan wawancara dengan masyarakat setempat, yakni Central California bahwa sampah rumah tangga telah dipisahkan sebelum diangkut oleh truk pengangkut sampah. Dengan demikian untuk tahapan daur ulang menjadi mudah dilakukan,” katanya Senin (12/6/2017).

Lanjut katanya, di Central California Amerika Serikat, pengelolaan sampah yang diatasi dengan upaya daur ulang, semula diangkut dengan gerobak sampah yang terdiri dari 3 buah tiap rumah. Untuk warna coklat
adalah sampah dapur, warna biru untuk sampah anorganik seperti plastik, gardus, kertas, besi, gelas dan warna hijau untuk sampah halaman seperti potongan rumput, daun-daunan dan cabang tanaman.

Sedangkan untuk jadwal pengangkutan, jelas Londa, warna gerobak juga berbeda tergantung kesepakatan setiap kota. “Ada yang menetapkan pengangkutan hari Senin untuk gerobak sampah warna hijau dan biru, dan hari Kamis untuk sampah dapur warna coklat,” sebutnya sambil menambahkan bahwa di Central California terdapat sebuah perusahaan yang khusus bergerak dalam usaha daur ulang sampah (recyling), namanya Mid Valley Disposal yang mengelola sampah di beberapa tempat/kota di wilayah Central Califiornia.

Menariknya perusahaan ini selain melakukan proses daur ulang, ungkap Londa juga berjuang memiliki peran aktif di masyarakat dengan menyediakan pendidikan daur ulang untuk audiens manapun secara gratis tentang upaya daur ulang sampah baik itu di kelas-kelas di sekolah-sekolah juga di kelompok-kelompok masyarakat serta pelanggan yang membutuhkan pemahaman tentang upaya daur ulang sampah. “Tidak ada salahnya kita mencontohi pengelolaan sampah di Central California, meskipun di negara maju namun karena memiliki tanggung jawab besar terhadap kelangsungan lingkungan, maka dilakukan berbagai upaya meskipun itu dengan langkah sederhana,” tandasnya.(hilda)

banner 300x250