Maurits-Hengky Saksikan Parade Kapal di Pembukaan FPSL dari Atas Kapal KRI Kakap 811

Wali Kota Ir Maurits Mantiri MM dan Wakil Wali Kota Hengky Honandar saat menyaksikan parade kapal di ajang FPSL 2021. Foto : Ferdinand Gioh
IMG-20210818-WA0009

Wali Kota dan Wakil Walikota saksikan pembukaan FPSL tahun 2021

Bitung, Sulutreview.com– Agenda pembukaan kegiatan Festival Pesona Selat Lembeh (FPSL) kembali digelar di tahun 2021. Pada pembukaan kali ini diawali dengan Parade Kapal yang diikuti puluham sebagaimana roh-nya FPSL.

Kendati demikian pola pelaksanaan FPSL kali ini, pihak Panitia melakukanya dominan penuh secara virtual online via media sosial. Hal ini dikarenakan Pandemi Covid-19 masih terus berlangsung meskipun Bitung sudah jauh dari ambang batas.

Menariknya Wali Kota Ir Maurits Mantiri MM dan Wakil Wali Kota Hengky Honandar pun, dalam menyaksikan Parade Kapal ini dilakukan diatas Kapal KRI Kakap 811 di wilayah Pelabuhan Perikani Kelurahan Aertembaga Kecamatan Aertembaga.

Hadir juga Ketua TP PKK Ny Rita Mantiri Tangkudung ST dan Sekretaris Ny Ellen Honandar Sondakh serta Kapolres Kota Bitung (Akbp Alam Kusuma S. Irawan, S.H, S.I.K, M.H ), Danyonmarhanlan VIII (Letkol Marinir Anugerah Suliadi Santoso, MTr. Hanla ), bersama Ibu
Kepala Pengadilan Negeri kota Bitung Djaenuddin Karanggusi SH. MH. Ketua DPRD kota Bitung, Aldo N. Ratungalo SH. Pasi OPS Satrol Letkol Laut (P) Rudi Tandirerung Kapten KRI Kakap 811, Myr Laut (P) Sanggel Para.

Diketahui sebagaimana disampaikan perwakilan Rica-rica Organizer yang merupakan Ivent Organizer (IO) FPSL Michael Tatontos bahwa pelaksanaan FPSL kali ini dilakukan secara virtual online. Sebab tidak semua warga, bisa melihat langsung sebab dibatasi dengan adanya Pandemi Covid-19 sesuai Protokol Kesehatan (Prokes).

Ia mengatakan untuk Opening FPSL akan dibuka dengan kegiatan Parade kapal bakal menjadi salah satu acara pembuka Iven Festival Pesona Selat Lembeh (FPSL) Virtual 2021, Sabtu (09/10/2021).

Parade Kapal ini bakal start dari Pantai Kambahu Kelurahan Kasawari Kecamatan Aertembaga, diikuti puluhan kapal hias.

Michael mengatakan rangkaian kegiatan hari pertama FPSL Virtual 2021 akan dimulai pukul 09.35 Wita hingga pukul 20.45 Wita.

“Parade Kapal dimulai pukul 11.10 Wita dan masyarakat dapat mengikuti lewat fanpage Pemkot Bitung dan youtube Pemkot Bitung serta Festival Pesona Selat Lembeh,” kata Michael.

Rangkaian acara FPSL Virtual 2021 kata Michael, disiarkan secara live dari Studio 1 Rudis Wali Kota Bitung, Studio 2 Gedung Kesenian dan Studio 3 di Satrol Lantamal VIII.

“Selain itu ada juga yang mobile dan zoom dari atas kapal saat sailing pass. Silakan masyarakat untuk menyaksikan dari rumah,” katanya.

Dirinya juga mengatakan, FPSL Virtual 2021 menerapkan prosedur pelaksanaan iven Kementerian pariwisata Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia yakni CHSE/Cleanliness (Kebersihan), Health (Kesehatan), Safety (Keamanan), dan Environment Sustainability (Kelestarian Lingkungan).

“Berbagai hiburan dari artis lokal serta produk-produk UMKM juga kita tampilkan di hari pertama ini, juga ada talkshow dengan topik-topik menarik,” katanya.

FPSL Virtual 2021 ini adalah festival tahunan ini diselenggarakan untuk mempromosikan sekaligus mengukuhkan Kota Bitung sebagai kota pariwisata dengan konsep digital yang layak diperhitungkan baik di Sulut maupun ditingkat Nasional.(zet)

banner 300x250