James Sumendap Imbau Masyarakat Mitra Waspada Cuaca Ekstrim

0
261
James Sumendap

Mitra, SULUTREVIEW – Bupati Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) James Sumendap, imbau masyarakat untuk selalu waspada terhadap cuaca ekstrim yang terjadi, mengakibatkan curah hujan yang tidak menentu.

Dikatakan Sumendap, cuaca ekstrim dapat berdampak pada terjadinya berbagai macam bencana yang akan menimbulkan kerugian bahkan korban jiwa.

“Oleh karena itu kepada para Camat melalui Hukum Tua/Lurah untuk dapat mengimbau secara terus menerus kepada masyarakat terutama yang bermukim di daerah pesisir pantai, bantaran sungai, dan tebing untuk dapat memperhatikan hal tersebut,” ujar Sumendap, baru-baru ini.

Ia pun meminta masyarakat Mitra untuk tidak membuang sampah dengan sembarangan, karena dapat menyumbat aliran air. Juga diharapkan selalu membersihkan saluran drainase.

“Apabila ada pohon atau ranting- ranting pohon yang sudah rapuh di sekitar tempat tinggal atau sumber aliran listrik juga agar segera ditebang. Ini untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan,” jelasnya

Lebih lanjut dijelaskan Sumendap, kepada masyarakat sekitar daerah tebing lebih waspada terhadap pergerakan tanah yang memungkinkan terjadinya longsor. Masyarakat yang bermukim di sekitar pesisir pantai juga untuk lebih waspada terhadap gelombang pasang. Dan jika terjadi banjir segera memutuskan aliran listrik.

“Para Camat segera berkoordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah apabila terjadi bencana melalui call center yang sudah disediakan. Begitu juga pada seat terjadi hujan lebat, orang tua dimohon memperhatikan anak-anaknya agar tidak bermain disaat hujan. Apalagi yang berada di bantaran sungai juga selokan,” tukas Sumendap. (Jul)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here